Kertas Daur Ulang | Kerajinan Kertas

 

XL: 081932258822
Esia: 021-93825588
Simpati: 08129522585
Fax: 0215673516

Fb: | Twitter: | YM: bardiju

 

E-mail: bardiju@gmail.com

Jl. Letjen. S. Parman I No.6 Tomang, Rt. 003, Rw. 008 Jakarta Barat 11440 Indonesia

Jam buka 09.00-16.00 Wib, Senin-Jumat, Khusus Sabtu 09.00-12.00, Mengingat padat waktu mohon jika berkunjung kabari dahulu, apabila telp nada sibuk mohon SMS/ Telp
XL: 081932258822
Esia: 021-93825588
Simpati: 08129522585

 

 

Donate

 

Dukungan bisa melalui Rekening/ Account:

:

Bank BCA: 3101551359
KCP TOMANG Jakarta Indonesia
Atas Nama: Ambardi Nasution

Bank Mandiri: 1220001141939
KC Jakarta Wisma Metropolitan, Indonesia
Atas Nama: Ambardi Nasution


Bardiju didirikan atas dasar:

1. Kesukaan/ Kesenangan dengan kertas

2. Peduli Lingkungan

3. Pendidikan

4. Membuat produk yang bermanfaat

5. Membuka lapangan kerja

6. Bisnis

 

Untuk mencapai tujuan tersebut ada hal yang harus di lakukan:

1. Niat

2. Kerja keras

3. Kerja sama

4. Tawakal

 

Atas dasar itu butuh dukungan semua pihak.
Kami berusaha untuk meneliti bahan-bahan baru untuk di olah menjadi kertas dengan inovasi pengembangan produk, penelitian/ research.

Memikirkan bagaimana solusi untuk produk daur ulang bisa relatif murah... memasyarakat dan bermanfaat untuk semua pihak, mengingat handmade sudah jamak identik mahal, jadi butuh kerjasama juga kreativitas serta bantuan dukungan teknologi agar bisa menekan biaya produksi. dengan produk handmade bisa murah bisa lebih luas dijangkau masyarakat banyak, sehingga kegiatan mengolah sampah atau mendaur ulang akan lebih menggema karena pasar penjualannya lebih luas. Sehingga berdampak pula pada kepedulian terhadap lingkungan.
 

Beberapa hal yang sudah, sedang dan akan dilakukan bisa dilihat dibawah ini:

 

Umumnya kertas daur ulang dibuat dari kertas bekas, jenis ini sudah umum dijumpai, namun yang jarang jenis bahan organik yang awalnya bukan kertas diolah menjadi kertas seperti gedebok/pelepah pisang, eceng gondok, jerami, kulit singkong dll, kertas dari bahan organik relatif lebih unik di banding bahan kertas bekas, bahan gedebok/ pelepah pisang jika dibuat tipis bisa seperti kertas minyak jadi bisa tembus cahaya cocok untuk membuat lampion, sedangkan jika dibuat tebal bisa seperti kulit, kertas bahan organik relatif lebih kuat seratnya di banding bahan dari kertas bekas.


Kertas pisang dunia sudah mengenalnya dengan nama 'banana paper', dari beberapa literatur kertas pisang/ banana paper dibuat dari batang pisang/ gedebok pisang, namun bardiju juga mengembangkan selain batang pisang/ gedebok pisang juga pelepah pisang yaitu tulang yang ke daun pisang, jadi kami membedakan gedebok pisang dengan pelepah pisang. Mungkin Bardiju baru yang pertama membuat kertas dari pelepah pisang secara komersial untuk di jual, (mohon koreksinya jika di tempat lain sudah pernah membuat kertas dari pelepah pisang).
Jadi Pohon pisang yang bisa dibuat menjadi kertas dari penelitian dan percobaan hanya batang pisang/ gedebok pisang dan pelepah pisang, daun pisang pun juga sekarang bisa, sedangkan jantung pisang, bunga pisang serta buah pisang kurang maksimal dibuat kertas, mari kita teliti juga dengan bahan lainnya.

 


Gedebok pisang/ pelepah pisang dahulu sebelum di olah harus di jemur sampe kering... ini membutuhkan waktu... namun dari hasil penelitian dan percobaan saat ini gedebok pisang/ pelepah pisang yang masih segar masih basah atau baru di potong dengan teknik tertentu, juga bisa langsung diolah menjadi kertas.


Membuat kertas warna netral putih, selain pakai kaporit, dengan penelitian bisa tanpa kaporit yaitu dari bahan yang masih segar yaitu gedebok/ pelepah masih berwarna hijau langsung diolah hasilnya jadi kertas netral warna putih seperti diberi kaporit.

Jadi kertas lebih ramah lingkungan bisa tidak memakai kaporit untuk pemutihan.


Kertas tisue, untuk jenis bahan ini kami menggunakan tisue baru, jadi belum tercamar kotoran, mungkin membuat kertas daur ulang dari bahan tisu sudah ada yang membuatnya, namun Bardiju membuat ini atas dasar untuk ide kreatifitas, membuat jenis kertas yang bisa cepat menyerap air/minyak, sehingga dengan adanya jenis kertas tersebut bisa diciptakan jenis-jenis produk baru dengan menggunakan bahan kertas tisue yang mudah menyerap air/minyak untuk permainan warna, untuk kreatifitas anak-anak dll.

 

Tali kertas, Bahan organik seperti kertas pisang, jenis seratnya kuat, bisa dibuat untuk tali pada paper bag

 

Paper Seeds


Yaitu kertas yang di campur dengan bibit tumbuhan, jika kertas dibuang akan tumbuh menjadi tanaman sesuai dengan jenis bibitnya. Didunia jenis kertas ini sudah ada, cuman di Indonesia, masih sulit di jumpai... Bardiju ingin membuat jenis kertas ini tetapi kendala di bibit... mungkin ada masyarakat yang mengetahui jenis bibit yang relatif halus kecil jadi mudah untuk di campur pada lembaran kertas. Kita sama-sama bisa tuker ilmu untuk kepedulian lingkungan.


Definisi Daur Ulang


Definisi daur ulang ada bermacam-macam, produk awal setelah tidak di pakai didaur ulang menjadi seperti atau mirip produk awal.
Ada juga yang mengartikan, semua yg tidak terpakai/ sampah kita olah menjadi sesuatu yg bermanfaat termasuk bisa disebut mendaur ulang.
Kertas koran, majalah, kardus dll ini awalnya kertas dan jika tidak terpakai diolah didaur ulang menjadi kertas daur ulang, dari kertas menjadi kertas jenis baru.


Bahan organik gedebok/pelepah pisang, eceng gondok, merang/jerami dll awalnya bukan kertas, pohon pisang sudah berbuah mati, eceng gondok menggangu sungai, merang/ jerami setelah panen padi banyak terbuang... semua ini sudah menjadi sampah, diolah bisa menjadi kertas... jadi awalnya bahan baru bukan kertas tetapi kita olah menjadi kertas suatu yang bermanfaat, sebagian orang juga menyebut ini termasuk mendaur ulang.


Mungkin ada definisi lainnya, terlepas dari pengertian definisi daur ulang, mari kita diskusi di social net facebook/ twiter dll tuk lebih memahami dan kepedulian kita terhadap lingkungan.


Mari kita berkarya, berbuat sesuatu yang baik dan positif untuk Indonesia dan dunia, hindari dan stop pertengkaran, permusuhan, jangan buang-buang waktu yang percuma, mari kita bangun Indonesia disegala bidang, bukan hanya hal daur ulang saja, juga di bidang lainnya sesuai kompetensi, kapasitas dan kemampuan kita masing-masing, jadi perlu kerjasama disegala bidang, semoga Indonesia bisa bergengsi dan disegani di dunia International.

 

Dukungan bisa melalui Rekening/ Account:

:

Bank BCA: 3101551359
KCP TOMANG Jakarta Indonesia
Atas Nama: Ambardi Nasution

Bank Mandiri: 1220001141939
KC Jakarta Wisma Metropolitan, Indonesia
Atas Nama: Ambardi Nasution

info

 

TVRI Nasional

 

METRO TV

 

Indosiar
 

DAAI TV di Bardiju
 

tv One

 

Bardiju di antv

 

 

Narasumber Pelatihan

 

Kunjungan ISAFIS

 

Koran KOMPAS

 

TRANS 7

 

Narasumber Pelatihan

 

Kunjungan ISAFIS

                              bardiju                                            

Home | About Us | Products | Outlets | Galleries | Videos | Pelatihan | Privacy Policy | Jobs | Contact | News

Remember Our Website: www.bardiju.com

Jl. Letjen. S. Parman. I. No. 6, Tomang, RT. 003, RW. 08 Jakarta Barat 11440 Indonesia
Phone: XL 081932258822 , Esia 021-93825588 , Simpati 08129522585 , Fax: 0215673516
Jam buka 09.00-16.00 Wib Senin-Jumat, Khusus Sabtu 09.00-12.00 Wib
Fb: | Twitter: | YM:
bardiju

E-mail: bardiju@gmail.com

Klik "Contact" untuk melihat peta lokasi
2006 - 2014 Ambardi Nasution